fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
4 Kebiasaan yang Jadi Penyebab Kopling Mobil Jadi Cepat Rusak
Article 01

Meskipun rata-rata pabrikan mobil sudah menghadirkan sistem transmisi otomatis untuk kendaraannya, namun beberapa pabrikan mobil juga tetap menghadirkan mobil dengan transmisi manual untuk masyarakat Indonesia.

Salah satu yang jadi ciri khas dari mobil manual dan yang tak bisa dilepaskan dari mobil manual adalah gangguan yang terkadang sering menjadi masalah. Lalu, apa penyebab kopling mobil rusak?

Sebelum mengenal tentang kerusakan pada kopling mobil yang rusak, ada beberapa hal yang penting kamu ketahui tentang komponen apa saja yang melekat pada bagian mobil ini. Jika salah satunya mengalami gangguan, bisa dipastikan kerja kopling tidak akan maksimal.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Gejala Kampas Kopling Mobil Terlalu Cepat Habis

Baca juga: Sebelum Dikemudikan, Ini Cara Tepat Mengenali Transmisi Mobil Matik

1. Cara menginjak kopling

4-kebiasaan-yang-jadi-penyebab-kopling-mobil-jadi-cepat-rusak

Kebiasaan pertama yang jadi penyebab kopling mobil menjadi rusak adalah dengan memperlakukannya dengan cara yang kasar. Menginjak kopling saat memindahkan transmisi manual tidak bisa asal injak. Pemilik mobil harus memperlakukannya dengan baik dan bahkan tidak terburu-buru.

Begitu juga ketika menginjak kopling ketika berada dalam kondisi terjebak macet dan berada di tanjakan. Terlalu sering menginjak kopling ketika berada dalam situasi seperti ini akan membuat kopling menjadi kekurangan tenaga dan malah akan cepat aus.

2. Penyebab bantalan kopling rusak

4-kebiasaan-yang-jadi-penyebab-kopling-mobil-jadi-cepat-rusak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menginjak kopling tidak bisa asal-asalan. Selain tenaga kopling akan berkurang, menginjak kopling dengan cara yang asal-asalan akan membuat bantalannya menjadi rusak.

Tidak hanya itu, bagian plat kopling pun akan tergerus dan menjadi aus.

3. Faktor posisi gigi

4-kebiasaan-yang-jadi-penyebab-kopling-mobil-jadi-cepat-rusak

Dalam mobil manual, memindahkan gigi tentunya tidak sama dengan mobil transmisi matik. Jika perpindahan gigi tidak sesuai dengan percepatan mobil, hal ini justru akan merusak kopling mobil.

Sekali lagi, jangan asal-asalan menggunakan kopling, terutama ketika akan memindahkan tuas transmisi mobil. Pastikan untuk menginjak dan memindahkan gigi dengan momentum yang tepat.

4. Pedal kopling digantung

4-kebiasaan-yang-jadi-penyebab-kopling-mobil-jadi-cepat-rusak

Faktor berikutnya yang menjadi Menggantung pedal kopling penyebab kopling mobil cepat rusak adalah terlalu sering menggantung pedal kopling.

Hal ini lantaran kerap terjebak macet di jalanan. Menahan kopling hingga lampu hijau menyala tentunya masih jadi kebiasaan para pemilik mobil manual. Namun, terlalu sering mengantung pedal kopling akan membuat kampasnya menjadi aus, karena gesekan-gesekan yang terjadi ketika mengantung pedal kopling.

Baca juga: Jangan Abai Ini Cara Merawat Transmisi Mobil Manual dan Otomatis

Baca juga: Daftar Komponen Mobil yang Wajib Mendapatkan Servis Berkala

Baca juga: Sebelum Dikemudikan, Ini Cara Tepat Mengenali Transmisi Mobil Matik

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga