fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
4 Kebiasaan yang Bakalan Bikin AC Mobil Jadi Terawat
Article 01

Merawat mobil paling sederhana bisa dimulai dari kebiasaan diri sendiri. Salah satunya adalah merawat AC Mobil, salah satu fitur andalan pada sebuah mobil ialah penyejuk udara alias air conditioner (AC).

Sayangnya, karena sering digunakan ketika berkendara, kondisi AC menjadi terkadang menjadi tidak maksimal. Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan ketika komponen mobil ini tidak bekerja.

Baca juga: Selain Servis Ini Tips Merawat AC Mobil Agar Kembali Dingin

1. Jangan merokok

4-kebiasaan-yang-bakalan-bikin-ac-mobil-jadi-terawat

Ini kebiasaan yang mungkin sulit diubah. Namun, benar adanya, jika ingin merokok, sebaiknya jangan menyalakan AC. Jika hasrat merokok tidak benar-benar bisa ditahan, sebaiknya matikan AC dan bukalah jendela mobil sepenuhnya.

Tujuannya sederhana, agar asap dan nikotin rokok tidak menganggu sirkulasi udara di dalam mobil dan tidak nemempel di bagian AC. Jika kebiasaan merokok dengan jendela terbuka sedikit dan AC Masih menyala, siap-siap saja AC kamu akan bekerja dengan tidak maksimal.

2. Gunakan di waktu yang tepat

4-kebiasaan-yang-bakalan-bikin-ac-mobil-jadi-terawat

Poin ini juga jadi kebiasaan yang sulit untuk diubah. Langsung menyalakan AC mobil ketika sedang panas usai parkir di bawah sinar matahari adalah salah satu cara yang cukup sering dilakukan.

Jika ini terus dilakukan maka AC di dalam mobil akan mulai terganggu performanya. Mulai sekarang, ubah kebiasaan tersebut.

Caranya sederhana, buang dulu suhu panas yang terasa di dalam mobil. Setelah berlalu sekitar tiga hingga lima menit, barulah AC di dalam mobil dinyalakan.

3. Rawat Kondensor AC

Tak jarang banyak yang menganggp perawatan AC bisa dilakukan "nanti dulu". Namu, jika kebiasaan ini terus dipertahankan, akan membuat AC menjadi rusak.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan kebiasaan yang sederhana, yaitu merawat bagian Kondensor AC.

Fungsinya penting, karena akan menyingkirkan debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.

4. Servis Berkala

Siapa pun pemilik mobil, wajib melakukan servis yang satu ini. Jika servis berkala versi garansi sudah habis, kamu wajib melakukan servis ini di bengkel-bengkel resmi yang terpercaya.

Salah satunya adalah melakukan servis dalam waktu enam bulan sekali. Jangan lupa konsultasikan dengan teknisi dan dengarkan saran mereka ketika akan mengganti bagian-bagian penting di dalam AC.

Mudah kan merawat AC mobil sendiri?

Jika mobil mu membutuhkan perawatan maksimal dan melakukan servis berkala secara lengkap, Carsworld kini menyediakan aplikasi pemesanan servis bengkel mobil secara online.

Melalui aplikasi Carsworld, kamu bisa menentukan layanan servis yang bisa disesuaikan dengan kondisi mobil. Unduh aplikasi Carsworld, karena kini servis mobil bisa jadi cepat tanpa ribet.

Baca Juga: Sudahkah Servis Mobil Berkala di Pertengahan Tahun 2020?

Artikel Rekomendasi

Baca juga