fbpx Carsworld
4 Jenis Gangguan Pada Suspensi Mobil yang Berbahaya
Article 01

Perputaran waktu memang akan membuat kondisi mobil menjadi berbeda. Salah satunya adalah jenis suspensi mobil yang berbeda-beda. Namun, ada satu hal yang sama, yaitu gangguan pada suspensi mobil itu sendiri.

Penyebabnya pun bervariasi, namun didominasi karena kelalaian pemilik atau pengemudi mobil. Tugas suspensi yang menahan beban kendaraan terkadang berlebihan. Hal ini yang membuat suspensi lama-lama bisa rusak.

Kali ini, Carsworld akan berbagi cerita tentang jenis-jenis kerusakan suspensi mobil yang sering terjadi.

Baca juga: Cek 5 Bagian Komponen Kaki-kaki Mobil yang Rawan Rusak

1. Kebocoran shockbreaker

4-jenis-gangguan-pada-suspensi-mobil-yang-berbahaya

Tak jarang, pemilik mobil mengalami gangguan ini pada mobil mereka. Apalagi, yang masih menggunakan shock tipe oli. Hal ini terjadi jika oli merembes maka daya suspensi kena getahnya.

Suspensi menjadi lemah karena daya yang berkurang plus, beban yang terlalu berat sehingga tidak bisa menyokong posisi mobil.

2. Karet per tipis

4-jenis-gangguan-pada-suspensi-mobil-yang-berbahaya

Pernah mendengar bunyi muncul dari bagian suspensi mobil kamu ketika menekan laju pedal gas dengan maksimal? Bunyi yang terasa seperti berdenyit berarti memiliki gangguan pada karet per mobil.

Gangguan ini bisa terjadi karena karet sudah tipis atau bahkan robek. Biasanya ini terjadi karena karet per yang sudah terlalu lama. Biasanya ini terjadi pada mobil yang usianya sudah lebih dari satu tahun.

3. Setir bermasalah

4-jenis-gangguan-pada-suspensi-mobil-yang-berbahaya

Setir mobil bergetar, atau terkadang sering sulit dikendalikan? Jika pernah punya pengalaman seperti ini berarti sistem suspensi yang miring. Jika ini terjadi, segera pastikan untuk ke bengkel agar suspensi mobil kamu mendapatkan perawatan.

Salah satu yang paling umum dilakukan adalan spooring balancing pada keseluruhan roda mobil.

4. Masalah Control Arm

4-jenis-gangguan-pada-suspensi-mobil-yang-berbahaya

Jika sebelumnya, karet per yang tidak maksimal ketika menginjak pedal gas, maka yang satu ini terjadi ketika mobil di rem. Bagian komponen suspensi mobil yang satu ini terjadi karena munculnya gangguan pada Control Arm.

Munculnya bunyi akibat menginjak rem ini mengindikasikan ada masalah pada bagian jenis suspensi mobil yang bernama Control Arm.

Jika ini terus dilakukan, maka keamanan dan kenyamanan berkendara kamu sudah pasti mengalami gangguan. Pastikan untuk selalu memeriksakan bagian ini atau, jika sudah perlu diganti, lakukan segera pergantian pada bagian komponen Control Arm.

Baca juga: Tips Merawat Suspensi Mobil ? Kenali Dulu Gejala Kerusakannya

Baca juga: Sudahkah Servis Mobil Berkala di Pertengahan Tahun 2020?

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga