fbpx Carsworld
4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Recall Mobil di Indonesia
Article 01

Datang dalam waktu yang berdekatan, dan membuat beberapa brand merk mobil seperti Mitsubishi, Suzuki, hingga yang terakhir Honda melakukan recall mobil di Indonesia.

Permasalahannya pun rata-rata sama, masalah komponen fuel pump yang bermasalah. Lalu, apa seperti apa sebenarnya gambaran sebuah recall mobil ini? Berikut beberapa fakta dan hal penting yang wajib kamu ketahui tentang recall kendaraan bermotor, khususnya roda empat yang sedang terjadi di Indonesia.

1. Mobil lawas pun bisa kena recall

4-hal-yang-harus-kamu-ketahui-tentang-recall-mobil-di-indonesia

Beberapa pemilik mobil beranggapan bahwa recall hanya diperuntukkan bagi mobil baru. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Apa yang dilakukan Honda Indonesia beberapa waktu terakhir adalah pembuktiannya.

Hinda bahkan melakukan recall pada mobil-mobil yang pernah diproduksinya pada tahun 2017 yang lalu.

Hal ini terjadi karena beberapa pabrikan mobil menemukan beberapa bagian yang tidak bekerja dengan sistem mobil dan keberlangsungan siklus komponen mobil itu sendiri.

Berapa pun usia mobil kamu, atau kapan pun waktu pembeliannya, pemilik mobil harus merespon dengan cepat jika merk mobil mereka termasuk yang menjadi bagian recall.

Jika diabaikan dan dibiarkan saja, maka hal tersebut bisa menjadi bumerang bagi keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

2. Faktor keselamatan

4-hal-yang-harus-kamu-ketahui-tentang-recall-mobil-di-indonesia

Terdapatnya sistem mobil yang cacat atau kompomen mobi hanyalah beberapa pertimbangan dari pabrikan mobil. Namun, yang paling penting adalah faktor keselamatan dari pemilik kendaraan itu sendiri.

Saluran bahan bakar yang bocor hingga kegagalan fungsi kantong udara adalah beberapa bagian yang kerap menjadi alasan kenapa mobil di recall. Jika tidak, maka hal ini bisa memberikan ancaman buruk bagi pemilik mobil dengan taruah keselamatan mereka.

Waktu adalah hal penting di bagian ini. Jika pabrikan mobil sudah mengumumkan dan memberitahukan penarikan beberapa mobil mereka karena berbagai masalah, sebagai pemilik mobil kamu harus meresponnya dengan cepat. Jangan lalai dan jangan abaikan masalah serius ini.

3. Dilakukan di bengkel resmi

4-hal-yang-harus-kamu-ketahui-tentang-recall-mobil-di-indonesia

Sudah menjadi hal yang wajib dilakukan oleh pabrikan mobil. Penangan mobil bermasalah dan harus di recall akan dilakukan di bengkel resmi. Salah satunya adalah karena faktornya adalah pergantian komponen yang memang menjadi syarat penting perbaikan mobil.

Jika dilakukan di bengkel umum atau bengkel abal-abal, bukan tidak mungkin pergantian komponen yang tidak tepat akan menjadi masalah tersendiri bagi pemilik mobil.

Celakanya, jika sudah ini terjadi, biasannya pabrikan tidak akan bertanggung jawab jika terjadi kesalahan sistem yang berakibat kerusakan kembali komponen mobil yang sudah diganti tadi.

Caranya pun tergolong mudah saat ini. Pabrikan memberikan pilihan dengan mengundang pemilik mobil untuk datang langsung ke bengkel atau melakukan booking service bengkel secara online terlebih dahulu.

4. Biaya gratis

4-hal-yang-harus-kamu-ketahui-tentang-recall-mobil-di-indonesia

Biaya servis memang jadi salah satu momok menakutkan bagi pemilik mobil. Namun, jika mobil yang kamu gunakan sekarang mendapatkan recall dari pabrikan, jangan khawatir dengan biaya perawatannya dan hal yang sama juga terjadi ketika recall mobil di Indonesia di lakukan.

Rata-rata pabrikan mobil memberikan fasilitasi biaya servis gratis bahkan hingga ke pergantian komponen yang diperlukan. Jadi, jangan pernah khawatir ketika mobil kamu harus terkena recall ya.

Baca juga: Mitsubishi dan Nissan ‘Kompak’ Recall Mobil Mereka

Baca juga: 7 Pertanda yang Bisa Saja Menyebabkan Fuel Pump Mobil Bermasalah

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi
7 Fakta Mitsubishi Pajero, Mulai dari Model Sport Hingga Stop Produksi
7 Fakta Mitsubishi Pajero, Mulai dari Model Sport Hingga Stop Produksi

Fakta-fakta menarik tentang macam-macam Mitsubishi Pajero, termasuk versi Sport yang rencananya akan disunti mati di Jepang,

Honda Brio dan Kijang Innova Jadi Merk Mobil Terlaris Juni 2020
Honda Brio dan Kijang Innova Jadi Merk Mobil Terlaris Juni 2020

Daftar mobil terlaris bulan Juni 2020 di Indonesia adalah dengan naiknya posisi penjualan Toyota Alphard mendekati Honda Brio

Baca juga