fbpx Carsworld
4 Cara untuk Cari Tahu Penyebab Listrik Mobil Tidak Stabil
Article 01

Siapa pun pasti pernah mengalami kejadian ketika begitu sulitnya menyalakan mobil. Beberapa kejadian seperti ini kerap terjadi pada mobil yang sudah panjang usianya. Namun, tidak menutup kemungkinan, bawah kejadian ini juga sering terjadi pada mobil baru.

Kalau sudah begini, komponen mobil bagian mana yang mengalami ngagguan? Secara keseluruhan ini bisa saja terjadi karena arus listrik yang ada mobil. Jika sedang tidak sehat maka ini bisa jadi penyebab listrik mobil tidak stabil dan membuat kendaraan jadi sulit untuk dinyalakan.

Beberapa pemilik kendaraan biasanya akan langsung berpaling pada aki mobil jika hal ini terjadi. Namun, bukan aki mobil satu-satunya penyebab kejiadian listrik mobil menjadi tidak stabil.

Untuk lebih lanjutnya, kamu bisa cek empat bagian mobil yang harus diperiksa ketika sulit dinyalakan.

Baca juga: Cek 6 Komponen Ini Sebelum Tune Up Mobil Injeksi di Bengkel Terdekat

Baca juga: 5 Tips Agar Mesin Mobil Tetap Prima dan Irit Bensin

1. Periksa bagian dinamo

4-cara-untuk-cari-tahu-penyebab-listrik-mobil-tidak-stabil

Salah satu bagian mobil yang wajib diperiksa sebagai penyebab listrik mobil tidak stabil adalah bagian dinamo ampere. Meskipun aki terlihat baik-baik saja, namun ketika dinamo ampere mengalami masalah, mobil akan sulit untuk dinyalakan.

Biasanya hal ini disebabkan oleh energi dinamo yang sudah melemah. Kerap terjadi pada mobil yang sudah berusia lebih dari lima tahun. Jika ini sudah menjadi masalah besar, maka solusi tepatnya adalah dengan melakukan perbaikan atau mungkin saja pergantian dinamo mobil.

Jadi, jika kamu menemukan gejala kesulitan menyalakan mobil, pastikan untuk memerhatikan bagian dinamonya ya.

2. Daya tegangan di bagian koil

4-cara-untuk-cari-tahu-penyebab-listrik-mobil-tidak-stabil

Bagian yang satu ini mungkin saja tidak terpikirkan ketika mobil mengalami masalah kelistrikan. Namun, pada faktanya, koil punya peran dalam mengalirkan listrik untuk mobil.

Komponen mobil yang satu ini bertugas memberikan dorongan daya dan tegangan listrik menuju aki. Jika memang benar bagian ini yang menjadi penghambat arus listrik di mobil, maka solusinya adalah dengan melakukan pergantian komponen di bengkel mobil.

Salah satu penyebab umum dari komponen mobil yang satu ini adalah karena suhunya yang sudah terlalu panas dan menjadikan beban dalam mengalirkan listrik ke mobil.

3. Cek kondisi busi

4-cara-untuk-cari-tahu-penyebab-listrik-mobil-tidak-stabil

Selain aki, busi kerap menjadi bagian komponen mobil yang sering dicar-cari ketika mobil tidak bisa dinyalakan. Benar, jika sudah terlalu kotor atau bahkan rusak percikan api yang seharusnya mengalir maka tidak akan berjalan dengan baik.

Perawatan yang satu ini terbilang mudah untuk dilakukan sendiri. Apalagi, jika busi hanya kotor, maka kamu bisa membersihkannya sendiri dengan cairan khusus.

Namun, jika sudah rusak, sebaiknya lakukan pergantian dengan busi yang baru. Jika sudah terlalu rusak, jangan dipaksakan untuk dibersihkan. Konsultasikan dengan pihak bengkel untuk mengetahui kondisi mobil yang tiba-tiba sulit untuk dinyalakan.

4. Cek ruang bahan bakar

4-cara-untuk-cari-tahu-penyebab-listrik-mobil-tidak-stabil

Ruang bahan bakar adalah bagian komponen lain yang harus diperiksa jika mobil sulit untuk dinyalakan. Biasanya, ada yang tersumbat di bagian aliran bahan bakar dan tidak bisa berproses menuju tangki mesin.

Ruang bahan bakar yang tidak menampung udara yang baik juga bisa menjadi penyebab listrik mobil tidak stabil. Alhasil, tentu saja mobil menjadi sulit untuk dinyalakan.

Proses mengistirahatkan mesin di malam hari pun kadang kerap menjadi indikasi awal kenapa mobil menjadi sulit untuk dinyalakan. Biasanya pompa bahan bakar yang akan menuju karburator menjadi dingin. Jika ini terjadi pada mobil, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan ruang bahan bakar.

Bagian yang satu ini pun sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada teknisi atau montir yang berpengalaman untuk memeriksakan ruang bahan bakar.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Airbag Mobil Tidak Mengembang Saat Kecelakaan

Baca juga: Penyebab Gangguan Pada Lampu Mobil yang Bisa Berakhir Rusak

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga