fbpx Carsworld
4 Cara Tepat Membersihkan Mesin Mobil yang Berkerak Karena Oli
Article 01

Pernah kah kamu menyadari bahwa ruang mesin mobil terdapat kerak-kerak bekas oli mobil? Sebagian orang mungkin menyadarinya, namun bukan tidak mungkin masih banyak orang-orang yang belum menyadari hal ini bisa berbahaya.

Jika dibiarkan terus berkerak karena oli, makan akan merusak mesin mobil itu sendiri dan mengurangi fungsi mesinnya ketika dikendarai. Kali ini Carsworld, akan membagikan beberapa hal sederhana dan cara membersihkan mesin mobil berkerak karena oli.

Baca Juga: 4 Tips Sederhana Membersihkan dan Merawat Sendiri Ruang Mesin Mobil

Baca Juga: 5 Tips Agar Mesin Mobil Tetap Prima dan Irit Bensin

1. Peralatan yang tepat

4-cara-tepat-membersihkan-mesin-mobil-yang-berkerak-karena-oli


Secara umum, peralatan seperti spons atau sikat gigi adalah perangkat yang kerap digunakan untuk membantu membersihkan mobil. Hal ini juga berlaku buat kamu yang ingin membersihkan sisa-sisa kerak oli yang menempel di mesin mobil.

Selain dua peralatan tadi, kamu juga bisa menggunakan kain microfiber kering setelah beberapa cairan yang digunakan untuk membersihkan ruang mesin.

Pastikan peralatan ini dalam keadaan bersih sebelum digunakan untuk menyingkirkan sisa-sisa kerak dari oli yang muncul di mesin.

2. Engine Conditioner

4-cara-tepat-membersihkan-mesin-mobil-yang-berkerak-karena-oli

Menyingkirkan kerak yang tersimpan di mesin mobil tidak hanya cukup dengan alat-alat atau bahkan menyiramkan air ke dalam ruang mesin. Kamu membutuhkan beberapa pembersih khusus untuk membersihkan mesin dari kerak oli mobil.

Pertama, engine conditioner yang menghasilkan busa dengan cara disemprotkan ke ruang bakar.

3. Engine Flush

4-cara-tepat-membersihkan-mesin-mobil-yang-berkerak-karena-oli

Berikutnya adalah dengan pembersih bernama Engine Flush yang berbentuk deterjen. Bukan deterjen biasa tentunya, karena Engine Flush berfungsi untuk membersihkan kotoran serta melunuturkan kerak oli hingga di jalur oli.

Satu hal yang perlu diingat adalah peralatan ini tidak sama dengan Engine Conditioner. yang bisa membersihkan ruang mesin. Namun, pembersih ini bisa digunakan khusus untuk membersihkan jalur oli untuk mesin mobil kamu.

4. Engine Degrease

4-cara-tepat-membersihkan-mesin-mobil-yang-berkerak-karena-oli

Cairan berikutnya yang sangat penting adalah airan Engine Degrease pada bagian-bagian mesin yang masih kotor. Cara ini bisa dibilang harus menggunakan peralatan lainnya agar bagian ruang mesin menjadi bersih.

Setelah disemportkan, sikat dengan air sabuh hingga bersih. Lalu siram dengan air mengalir dan tutup dengan kain microfiber untuk mengeringkan bagian ruang mesin yang kotor tadi.

Mudahkan, cara membersihkan mesin mobil berkerak dari oli? Namun, jika kamu masih khawatir untuk melakukannya sendiri, kamu bisa melakukan perawatan atau servis mobil kamu dengan menggunakan aplikasi Carsworld.

Baca juga: Rekomendasi dan Tips Memilih Oli Mobil yang Tepat Untuk Kendaraan

Baca juga: Ketahui Komponen yang Jadi Penyebab Temperatur Mobil Cepat Panas

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil . Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga