fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
4 Cara Sederhana Merawat Vespa yang Jarang Dipakai
Article 01

Bersabar dan menahan diri untuk keluar rumah adalah rutinitas yang banyak dilakukan masyrakat di tengah pandemi Covid-19 ini. Tentu saja, juga buat kamu pemilik vespa. Selagi di rumah, ada banyak cara merawat vespa yang bisa kamu lakukan sendiri dengan sederhana.

Apalagi jika vespa kamu terlalu lama diam di rumah, bahkan mungkin akan membuat performanya menjadi turun ketika akan digunakan kembali.

Jadi, agar siap kembali digunakan empat cara merawat vespa ini bisa kamu mulai dari sekarang.

Baca Juga: 4 Tips Sederhana Merawat Performa Motor Agar Terlihat Mengesankan

Baca Juga: 4 Langkah Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Prima

1. Cuci secara rutin

Langkah paling mudah adalah memastikan Vespa kamu bersih dan terawat ketika lebih banyak berdiam diri di rumah saja. Selain bertujuan untuk membersihkannya, kamu mungkin saja akan menemukan hal-hal kecil seperti lecet atau goresan pada bagian bodi vespa.

Lebih dari itu, virus COVID-19 punya kemampuan berupa daya tahan hidup dengan jangka waktu tertentu bergantung pada material permukaannya. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan Vespa kamu secara rutin

Cuci Vespa menggunakan wash mitt atau kain berserat mikro (microfiber) agar tidak menyebabkan goresan pada bodi. Bilas dengan air mengalir secara perlahan dan dimulai dari bagian atas lalu ke bagian bawah.

Lalu, keringkan dengan baik agar tidak berkarat dan korosi. dengan menggunakan kain microfiber.

2. Rawat ban skuter

Gunakan alat ukur tekanan ban untuk memastikan tekanan angin pada ban dan cek dengan teliti kondisi fisiknya. Selalu gunakan standar tengah ketika akan memarkirkan Vespa kamu di rumah.

Selain itu, berikan alas pada bagian bawah roda depan agar ban tidak langsung bersentuhan dengan lantai. Hal ini dapat membuat tekanan angin dalam ban tidak mudah berkurang.

3. Memanaskan mesin

Meskipun tidak kemana-mana, jangan lupa untuk memanaskan mesin Vespa kamu dengan baik. Memanaskan mesin Vespa bertujuan agar mesin terlumasi dengan baik sehingga performa dari mesin tetap maksimal ketika akan digunakan.

Cara memanaskan mesin pun tergolong mudah. Kamu hanya butuh waktu kurang lebih 5 menit untuk membuat oli bersirkulasi agar bagian dalam mesin terhindar dari karat.

4. Cabut aki

Nah, jika memang tidak digunakan dalam waktu yang sangat lama, jangan lupa untuk mencabut aki pada Vespa. Selain untuk penghematan, jika tidak dicabut aliran listik aki akan terus mengalir dan bisa menyebabkan kehabisan tenaga.

Caranya cukup mudah. Lepas kabel dari kutub negatif aki, dan jika ingin melepaskan aki dari kendaraan pastikan untuk disimpan di tempat yang sejuk dan kering, jauh sinar matahari dan benda yang mudah terbakar.

Jadi, tak begitu sulit mengaplikasi cara merawat vespa sendiri di rumah?

Artikel Rekomendasi

Baca juga