fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
4 Cara Sederhana Merawat Mobil Tua Agar Makin Berjaya
Article 01

Semakin tua, semakin menjadi-jadi. Begitu banyak nilai-nilai yang tersimpan di sebuah mobil tua. Cara merawat mobil tua pun tidak gampang agar menjadikan nilai tersebut tetap ada.

Beberapa waktu belakangan nilai dari sebuah mobil tua pun semakin tinggi. Namun, tak jarang pula beberapa pemiliknya kesulitan untuk melakukan perawatan.

Kini, ada solusi sederhana yang bisa Carsworld tawarkan untuk merawat mobil tua. Berikut beberapa diantaranya.

Baca Juga: 9 Cara Merawat Mobil Bekas Agar Selalu Dalam Kondisi Prima

Baca Juga: 4 Cara Sederhana Merawat Mobil Matik yang Jarang Digunakan

1. Gunakan oli yang tepat

4-cara-sederhana-merawat-mobil-tua-agar-makin-berjaya


Bagian ini yang paling penting, yaitu mesin. Perawatan ini bisa dimulai dengan mengganti oli mesin secara tepat. Salah satu fungsinya adalah agar meringangkan kerja mesin mobil.

Sesekali ajaklah mobil tua ini berjalan dengan jarak tempuh yang jauh untuk mengukur apakah mesin mobil masih bisa bekerja dengan prima.

Jika mulai mendapati beberapa gangguan, lakukan servis berkala, dan salah satunya adalah dengan mengganti oli mesin ketika kendaraan sudah menempuh jarak hingga 2.500km.

2. Servis mesin berkala

4-cara-sederhana-merawat-mobil-tua-agar-makin-berjaya


Servis berkala juga harus dilakukan pada komponen-komponen mesin mobil. Apalagi, mobil tua kerap punya gangguan pada bagian mesin.

Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan mesin dengan cara tune up. Cek dan konsultasikan dengan teknisi atau montir di bengkel untuk memastikan komponen mesin mobil mana yang sudah rusak.

Jika dirasakan memang harus diganti, maka lakukan sesegera mungkin pergantian komponen tersebut. Selain untuk menjaga performa mesin, tentunya untuk memastikan agar komponen mobil tersebut tidak jatuh kepada pemilik mobil tua lainnya yang lebih dahulu melakukan perawatan mesin.

Sama seperti mobil modern saat ini, mobil tua pun harus tetap melakukan servis mesin secara berkala.

3. Cek komponen mobil

4-cara-sederhana-merawat-mobil-tua-agar-makin-berjaya


Meskipun mesin jadi prioritas penting dari sebuah mobil tua, namun jangan abaikan komponen mobil lainnya. Misalnya pada kabel-kabel yang mengalirkan tenaga hingga aliran listrik untuk mobil. Bahkan, hingga bagian karet-karet yang ada di mobil tua sekalipun.

Segerakan untuk mengganti bagian kabel mobil yang sudah rusak agar tidak terjadi kesalahan dalam menyalurkan arus listrik.

Jangan lupa untuk memeriksa bagian motor, aki, radiator, karburator dan komponen-komponen mobil lainnya yang terkait dengan mesin mobil. Cara merawat mobil tua ini bisa memastikan kendaraan tetap berada dalam performa yang baik.

4. Eksterior dan interior

4-cara-sederhana-merawat-mobil-tua-agar-makin-berjaya


Tampilan depan dan dalam ikut menjadi nilai ukur sebuah mobil tua. Oleh karena itu rawatlah bagian eksterior dan interior mobil secara teratur.

Mulai dari mencuci semua bagian kaca, melapisinya dengan sarung mobil hingga memerhatikan bagian car yang ada pada mobil. Cek selalu kondisi ban atau velg yang sudah berkarat dan kemudian ganti bagian velgnya dengan yang lebih menawan.

Begitu juga dengan bagian interior juga dicek secara teratur. Untuk mobil tua, pastikan untuk menjaga kebersihan jok. Gunakan cover jok mobil untuk menjaga agar bagian interior mobil yang satu ini benar-benar awet.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil . Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga