fbpx Carsworld
4 Cara Sederhana Merawat Mobil Matik yang Jarang Digunakan
Article 01

Tetap tinggal dan bekerja dari rumah sertaidak mudik adalah hal-hal penting yang wajib kita lakukan selama masa pandemi ini. Sama pentingnya ketika ingin merawat mobil matik ketika mulai jarang digunakan untuk beraktivitas

Merawat mobil matik kamu sendiri tidak sulit dan sangatlah mudah. Tak percaya, Berikut Carsworld bagikan beberapa cara sederhana serta tips perawatan mobil ketika jarang digunakan, terutama di masa-masa pandemi yang mengurangi aktivitas untuk keluar rumah.

1. Melepas Rem Tangan


Bukan kah cara ini bisa berbahaya? Tentu saja tidak, selama proses ini kamu terus mengawasi keadaan mobil matik dengan cermat. Namun, bukan itu saja melepas rem tangan pada mobil matic bisa menjadi salah satu cara sederhana untuk merawat kendaraan itu sendiri.

Pada mobil matik, melepas tuas rem berfungsi agar brake shoe, brake pad, dan brake disc tidak lengket dan macet. Namun, jangan coba lakukan ini pada mobil manual. Karena, jika kamu melakukan ini pada mobil transmisi manual, tentunya memerlukan 'bantuan' dengan mengganjal roda depan dan belakang mobil dengan batu.

Baca Juga: 6 Benda yang Wajib Ada di dalam mobil Kamu Selama Fase “New Normal”

2. Tambah tekanan angin ban

Selain melepas rem tangan, tips agar mobil matik kamu menjadi lebih prima adalah dengan menambah tekanan angin pada ban.

Kamu bisa menambah tekanan angin hingga 3.5 bar pada mobil matik kamu. Cara ini menghindari kerusakan ban kendaraan pada bagian tertentu karena tekanan yang tidak merata.

3. Nyalakan mesin Mesin dan AC mobil

4-cara-sederhana-merawat-mobil-matik-yang-jarang-digunakan
Sumber: Dansk Bilbrancherad


Meskipun tak kemana-mana mobil tetap wajib dipanaskan mesinnya. Tujuannya adalah agar pelumas mesin dan transmisi bisa terus melumasi komponen bergerak.

Selain itu menyalakan AC mobil juga penting agar terjadi sirkulasi oli pada sistem AC dan udara di dalam kabin, sehingga fungsi kerja AC selalu prima.

4. Posisi parkir

Tempatkan parkir di ruang yang agak sedikit lega. Tak harus di garasi, namun terlindungi dengan menempatkannya di sebuah tempat yang beratap.

Cara ini membantu agar suhu di dalam mobil tetap berjalan karena sirkulasi udara di dalam kabin tetap segar dan komponen interior lebih awet. Pastikan untuk selalu rutin atau membersihkan mobil kamu dari kotroan atau debu atau bahkan mengganti sarung mobil yang digunakan secara berkala, agar tidak berjamur.

Mudahkan, merawat mobil matik sendiri? Jika kamu memerlukan perawatan lengkap mobil, Carsworld bisa menjadi pilihan. Melalui aplikasi Carsworld, kini kamu bisa menemukan beragam layanan servis mobil yang bisa dipesan tanpa harus menunggu lama di bengkel.

Baca Juga: 3 Tips Mudah Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kabin Mobil

Artikel Rekomendasi

Baca juga