fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
4 Cara Perawatan Busi Mobil Supaya Tidak Mudah Berkarat dan Lebih Awet
Article 01

Bentuknya kecil. Tempatnya pun cukup sulit untuk dijangkau oleh tangan. Namun, pada faktanya busi adalah salah satu komponen mobil yang sangat penting. Jika tidak dilakukan perawatan, busi mobil bisa dengan mudah berkarat atau bahkan rusak. Lalu, bagaimana cara perawatan busi mobil yang tepat?

Satu hal yang perlu dan wajib untuk diketahui adalah fungsi penting busi adalah mengirimkan percikap api ke dalam ruang bakar mesin. Jadi, jika percikan ini tidak berjalan dengan baik, maka mobil yang dikendarai pun akan bermasalah.

Lalu, apa saja langkah-langkah untuk melakukan perawatan busi mobil?

1. Cek kondisi busi mobil

Cara perawatan bagian busi mobil paling sederhana adalah dengan memeriksa kondisi busi mobil itu sendiri.

Pemeriksaan busi mobil sebaiknya dilakukan secara rutin. Hal ini bisa dilihat dari apakah komponen mobil yang satu ini dalam keadaan terawat, kotor atau berkarat hingga tak layak pakai lagi.

Pemeriksaan kondisi busi juga harus disertai dengan identifikasi. Jika menemukan busi yang sudah rusak, maka lakukan pergantian. Namun, jika busi sudah kotor, maka bisa dibersihkan.

2. Cara membersihkan busi kotor

Perawatan busi mobil yang satu ini jangan dianggap hanya sekadar membersihkan seperti biasa saja. Busi mobil yang sudah kotor sebaiknya dibersihkan dengan seksama.

Beberapa tahapan caranya adalah dengan merendam busi di dalam air dalam waktu 10 menit. Setelah itu, sikat kotoran-kotoran dan seluruh bagian busi yang kotor.

3. Posisi elektroda

Bagian berikutnya adalah konduktor yang saling terhubung dengan busi mobil. Jaraknya harus diatur dengan tepat, agar percikan api yang dihasilkan juga sesuai dengan kebutuhan mobil.

Jika kamu ragu melakukannya sendiri, hal penting lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan langsung ke bengkel mobil untuk memastikan apakah posisi pengaturan elektroda pada mobil sudah benar atau belum.

4. Pasang Kembali Busi Mobil Anda

Langkah terakhi terkahir yang bisa dijadikan sebagai cara perawatan busi mobil tentunya adalah dengan kembali memasang busi mobil pada tempatnya.

Jika kamu melakukannya sendiri, pastikan posisi busi berada sangat erat pada tempatnya. Jika masih longgar dan kemudian dibiarkan saja, maka mobil tidak akan berjalan dengan baik.

Baca juga: 4 Gejala Ini Jadi Penyebab Mesin Mobil Susah Hidup

Baca juga: 4 Pemicu Mesin Mobil Kurang Bertenaga dan Penyebabnya

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga