fbpx Carsworld
4 Cara Merawat Power Window Mobil yang Mudah dan Bikin Aman
Article 01

Fungsinya dan penggunaannya sangat mudah. Begitu pula dengan cara merawat power window mobil yang juga ternyata sangat mudah. Meskipun dianggap bisa dugunakan sewaktu-waktu, namun pemilik mobil pun tentunya wajib menjaga agar kinerjanya selalu maksimal ketika akan digunakan.

Apa saja bagian-bagian power window yang harus dirawat? Lalu, bagaimana cara perawatannya? Berikut empat cara merawat power window mobil yang bisa kamu praktikkan sendiri.

Baca juga: Tidak Berfungsi dan Macet, Kenali 4 Penyebab Kerusakan Power Window

Baca juga: 4 Adaptasi Kebiasaan Baru Perawatan Mobil yang Wajib dan Rutin Dilakukan

1. Cek kondisi kaca jendela

4-cara-merawat-power-window-mobil-yang-mudah-dan-bikin-aman

Karena letaknya yang sangat dekat dengan kaca jendela, bagian yang satu ini pun tentunya wajib dilakukan pengecekan. Mulai dari debu, kotoran bahkan hewan liar hingga serangga bukan tidak mungkin hingga diantara jendela.

Bahkan, tidak jarang hewan liat hingga serangga hinggap di sela-sela jendela tanpa diketahui pemilik mobil. Dua kali dalam sebulan, kamu bisa memeriksakan kondisi jendela mobil.

Apakah ada debu atau kotoran yang kemudian tersangkut di bagian jendela mobil atau tidak. Cara sederhana ini memungkinkan agar power window tiba-tiba tidak rusak ketika akan digunakan.

2. Sikat semua kotoran

4-cara-merawat-power-window-mobil-yang-mudah-dan-bikin-aman

Selain membersihkan bagian kaca jendela, hal lain yang wajib untuk dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan di setiap bagian penting dari power window itu sendiri.

Mulai dari bagian karet, tombol power window hingga bagian-bagian pintu lain yang bisa dibersihkan. Gunakan pembersih yang tepat atah shampo khusus mobil agar elastisitas karet di bagian kaca jendela tidak rusak dan menganggu perjalanan selama beraktivitas dengan mobil.

3. Bersihkan karet dengan cairan khusus

Menggunakan pembersih atau shampo khusus untuk bagian kaca mobil memang wajib. Namun, membersihkan bagian karet tidak bisa dilakukan dengan menggunakan sembarangan cairan.

Perawatan ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan silicone spray untuk membersihkan karet pada bagikan kaca mobil. Hindari penggunaan cairan yang lain atau bahkan shampo mobil sekalipun untuk membersihkan kaca jendela.

Semprotkan pada karet yang melingkari kaca, hingga pada frame pintu.

4. Gunakan dengan bijak

4-cara-merawat-power-window-mobil-yang-mudah-dan-bikin-aman

Keisengan sendiri kerap muncul ketika sudah berada di dekat power window. Terkadang sebagian pemilik mobil atau penumpang kerap memain-mainkan power window tanpa tujuan jelas.

Selain itu, tak jarang pula masih ada sebagian pemilik mobil yang membuka kaca jendela ketika kaca masih basah. Hal ini tentunya tidak bagik bagi kondisi kaca mobil.

Oleh karena itu, gunakan kaca power window dengan bijak. Penggunaan naik dan turu dilakukan sepertlunay dan tanpa berlebihan. Hindari membuka kaca ketika melewati jalan dengan kontur yang tidak rata, atau berdebu.

Cara-cara bijak ini akan membantu agar fungsi power window berjalan dengan baik ketika akan digunakan. Mudahkan, cara merawat power window mobil sendiri?

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang tersedia gratis di App Store dan Google Play Store

Artikel Rekomendasi

Baca juga