fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
4 Cara Merawat Kaki-kaki Mobil yang Bisa Menghemat Biaya Servis
Article 01

Perawatan kaki-kaki mobil adalah hal yang paling banyak menyita perhatian hingga menguras dompet pemilik mobilnya. Beberapa bagiannya yang tergolong sulit menjadi penyebab jenis komponen yang satu ini sulit untuk diperbaiki.

Apalagi, jika kaki-kaki mobil sudah tidak bekerja dengan baik lagi, maka bukan tidak mungkin pengalaman mengemudi menjadi tidak nyaman. Namun, ada cara merawat kaki kaki mobil sederhana dan bisa dilakukan sendiri. Apa saja ya?

Baca juga: Cek 5 Bagian Komponen Kaki-kaki Mobil yang Rawan Rusak

Baca juga: Tips dan Pilihan Servis yang Wajib dilakukan Setelah Beli Mobil Bekas

1. Rotasi ban

4-cara-merawat-kaki-kaki-mobil-yang-bisa-menghemat-biaya-servis


Ban adalah bagian penting untuk perawatan kaki-kaki mobil. Salah satu yang paling mudah untuk dilakukan adalah merotasi ban mobil. Pasalnya, ban mobil pastinya akan bersentuhan langsung dengan berbagai kondisi jalanan.

Besar atau kecilnya, ban mobil pastinya akan memberikan pengaruh kepada kaki-kaki mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil disarankan untuk melakukan rotasi pada ban mobilnya. Tujuannya adalah agar ketangguhan kaki-kaki mobil tertap terjaga dengan baik.

2. Penggunaan velg

4-cara-merawat-kaki-kaki-mobil-yang-bisa-menghemat-biaya-servis

Penggunaan velg tidak bisa dilakukan asal-asalan jika ingin kaki-kaki mobil terawat dengan baik. Masing-masing pabrikan mobil punya standarnya sendiri tentang penggunaan velg, terutama tentang ukurannya.

Oleh karena, itu jika kamu berencana untuk mengganti velg mobil, pastikan untuk menentukan ukuran velg itu sendiri terlebih dahulu. Jika pilihannya dilakukan hanya berdasarkan 'bagus' atau 'keren' saja, maka velg bisa merusak komponen dan kaki-kaki mobil.

Sederhananya, kamu bisa tetap mempertahankan velg yang berasal dari pabrikan mobil itu sendiri.

3. Mengendalikan dibalik kemudi

4-cara-merawat-kaki-kaki-mobil-yang-bisa-menghemat-biaya-servis

Salah satu hal yang paling penting dan tidak bisa diabaikan adalah bagaimana kamu mengendalikan mobil di balik kemudi. Tujuannya adalah agar kaki-kaki mobil tidak cepat rusak.

Mengendalikan mobil dengan asal-asalan dan hanya bertujuan untuk memacu kendaraan tanpa mempertimbangkan kondisi jalanan hanya akan membuat komponen kaki-kaki mobil menjadi rusak. Kemudikan mobil dengan kecepatan yang sudah disesuaikan.

Jika kamu melewati jalanan yang rusak, pastikan untuk mengatur ritme dan kecepatan dengan tepat. Jika ingin memacu kendaraan lebih kuat, pastikan lintasan yang akan dilalui benar-benar mulus.

4. Posisi parkir

4-cara-merawat-kaki-kaki-mobil-yang-bisa-menghemat-biaya-servis

Banyak dilewatkan, namun masalah posisi parkir haruslah menajdi sesuatu yang sangat penting jika ingin merawat kaki-kaki mobil. Jika kamu ingin memang benar-benar mencari tempat parkir, pastikan untuk melakukannya di tempat yang rata.

Jika memarkir mobil di tempat yang tidak rata dan dilakukan secara terus-terusan maka akan menganggu komponen kaki-kaki mobil. Selain posisi parkir, cara memarkir mobil pun juga harus menjadi perhatian.

Misalnya, ketika kamu akan memarkir mobil, pastikan untuk tidak memposisikan ban atau stir mobil dalam keadaan belok, namun dalam posisi yang lurus.

Cara ini membantu untuk menghindari agar kaki-kaki tetap berada dalam posisi yang tepat ketika mobil sedang dalam keadaan diam.

Komponen penting kaki-kaki mobil

4-cara-merawat-kaki-kaki-mobil-yang-bisa-menghemat-biaya-servis

Cara merawat kaki kaki mobil tidak hanya dengan memerhatikan hal-hal yang tadi. Ada hal-hal penting lainnya yang terkait dengan kaki-kaki mobil, salah satunya adalah komponen yang patut dijaga.

Beberapa komponen kaki-kaki mobil itu diantaranya adalah shockbreaker, balljoint, bushing-bushing, hingga bearing.

Selain komponen-komponen berat tadi, bagian komponen kaki-kaki mobi yang kecil pun juga penting untuk diperiksa. Beberapa diantaranya adalah bushing yang kerap menimbulkan suara berdecit.

Pengecekan secara menyeluruh terhadap komponen-komponen mobil ini penting dilakukan, Proses kerja mereka yang berat untuk menopang bodi mobil dan harus melewati berbagai kondisi jalanan adalah faktornya. Jika dirasa memang perlu dilakukan pergantian komponen, pastikan untuk melakukan servis di bengkel-bengkel mobil terpercaya.

Baca juga: Kaki-kaki Mobil Berisik? Cek Bagian Komponen Mobil Ini Terlebih Dahulu

Baca juga: Keuntungan Spooring Balancing Bagi Kenyamanan Mobil

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga