fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
4 Cara Bagi Pemula Agar Merawat Mobil Matik dengan Maksimal
Article 01

Kepopuleran mobil matik memang jadi satu tren tersendiri dalam beberapa tahun terakhir. Khusus bagi pemula yang ingin membeli mobil baru pun biasanya mudah kepincut dengan mobil matik. Cara mengemudikannya yang tergolong mudah jadi salah satu alasannya.

Lalu, bagaimana cara merawat mobil matik bagi pemula? Apakah karena mobil ini mudah dikendarai, dan hadir dengan sistem auto memudahkan cara perawatannya?

Sebelum lanjut dalam tahapan-tahapan perawatan mobil matik sendiri, pemula yang memiliki mobil matik wajib mengecek bagian-bagian mobil matik berikut ini dengan cermat.

Baca juga: Agar Terus Terawat, Seperti Ini Cara Mengendarai Mobil Matik yang Baik

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Airbag Mobil Tidak Mengembang Saat Kecelakaan

1. Cek dan ganti oli mobil

4-cara-agar-pemula-bisa-menjaga-dan-merawat-mobil-matiknya-sendiri


Hampir semua jenis mobil, baik manual atau matik wajib memerhatikan bagaimana kondisi oli mobil mereka. Bagi pemula yang ingin dan sudah memiliki mobil matik, pengecekan oli adalah hal yang sangat penting.

Paling umum tentu saja adalah oli mesin yang wajib diganti secara berkala. Bagi yang pertama kali memiliki mobil matik, pergantian oli ini tentunya sudah ditentukan oleh pabrikan atau dealer di tempat kamu membeli mobil.

Namun, meskipun sudah ditentukan secara sistem, pergantian oli untuk mobil juga harus diperhatikan. Sebagai ilustrasi pergantian oli wajib dilakukan jika mobil sudah melakukan perjalanan minimal sejauh 25.000 km dan berada di angka maksimal 50.000 km.

Jika sudah berada dalam kondisi seperti, wajib hukumnya untuk melakukan pergantian oli. Jika terus tertunda, bisa dipastikan, kondisi mobil matik akan berjalan tidak maksimal.

Konsekuensinya, pergantian oli mobil yang terus ditunda-tunda akan meremebet pada kerusakan bagian mobil yang lainnya.

2. Cek kondisi transmisi

4-cara-agar-pemula-bisa-menjaga-dan-merawat-mobil-matiknya-sendiri

Baca juga: Tips dan Cara Perawatan Mobil yang Menggunakan Sistem Bahan Bakar Injeksi


Salah satu alasan dipilihnya mobil matik adalah karena transmisinya yang mudah dikendalikan. Namun, dari transmisi ini pula kamu bisa mengecek kondisi mobil matik sendiri.

Caranya pun terbilang mudah. Jika transmisi mobil digerakkan pada posisi D atau R, dan kemudian rem mobil dilepas dan mobil akan bergerak perlahan, bisa dipastikan transmisi mobil kamu tidak bermasalah.

Namun, jika kejadian sebaliknya, maka mobil matik kamu punya masalah yang harus dibereskan.

Selain pengecekan sederhana seperti diatas, oli transmisi pun wajib untuk diperhatikan. Apalagi, ketika mobil berada dalam kondisi terjebak macet. Banjir atau genangan air yang tinggi bisa memicu masuknya air ke dalam gearbox mobil.

Ketika ini, terjadi, segera lakukan pergantian oli transmisi agar mobil tidak menjadi rusak dan berefek pada kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

3. Tes mobil

4-cara-agar-pemula-bisa-menjaga-dan-merawat-mobil-matiknya-sendiri

Perlukan tes mobil matik dilakukan untuk pemula? Tes kondisi mobil matik ini mungkin saja terdengar sepele. Membawanya keliling kompleks mungkin bukan sesuatu yang penting, namun dari sinilah cara merawat mobil matik yang bisa dilakukan oleh pemula.

Hal-hal yang sederhana saja. Memanaskan mobil, apalagi ketika sudah tidak digunakan dalam rentang waktu yang lama. Atau, ketika tidak digunakan dalam waktu yang rutin.

Tidak melakukan tes dengan memanaskan mesin mobil secara rutin pelan-pelan punya dampak yang tidak baik bagi mobil.

Selain tes dengan memanaskan mobil, memindahkan persneling pun bisa menjadi salah satu cara merawat mobil matik bagi pemula. Alasannya sederhana, jika mendengar suara yang aneh saat pergantian persneling dalam mengemudi seperti suara yang tidak mulus dan sedikit goyangan pada mobil, maka ada yang harus diperiksa secara teliti.

Jika masih ragu, kamu bisa berkonsultasi dengan mekanik atau montir dari bengkel-bengkel terpercaya untuk memeriksakannya lebih dalam.

4. Belajar memahami masalah mobil

4-cara-agar-pemula-bisa-menjaga-dan-merawat-mobil-matiknya-sendiri

Terlepas dari pergantian oli atau tes kondisi mobil, kamu juga harus peka pada komponen-komponen mobil matik lainnya.

Mulai dari busi, sistem udara, dan lain-lainnya. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membaca buku panduan yang diberikan oleh pabrikan ketika membeli mobil matik.

Dari buku panduan ini kamu bisa mengenali beberapa bagian mobil matik secara detil. Selain mengoperasikannya, kamu juga bisa belajar memahami permasalahan-permasalahan yang kerap terjadi di mobil matik.

Baca juga: 7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan

Baca juga: 4 Cara Sederhana Merawat Mobil Matik yang Jarang Digunakan

Baca juga: 5 Cara Mengenali Gejala dan Kerusakan Mobil Bertransmisi Matik

Service berkala mobil matik

4-cara-agar-pemula-bisa-menjaga-dan-merawat-mobil-matiknya-sendiri


Sebagai penutup, ada satu hal wajib yang kamu lakukan. Servis berkala mobil matik adalah bagian penting yang harus dilakukan oleh pemilik mobil, khususnya pemula.

Selain pergantian oli yang memang disertakan dalam servis berkala, beberapa bagian komponen mobil matik pun tak luput dari pengecekan. Melalui servis berkala ini pula kamu akan semakin mengenali dan memahami bagian-bagian mobil matik.

Baca juga: Banyak Bermunculan Mobil SUV Terbaru, Seperti Ini Cara Merawatnya

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga