fbpx Carsworld
4 Alasan Kenapa Airbag Mobil Tidak Mengembang Saat Kecelakaan
Article 01

Salah satu fitur keamanan yang memang dibutuhkan oleh pemiliknya. Airbang merupakan salah satu bagian dari mobil yang berfungsi untuk meminimalisir risiko cidera ketika terjadinya benturan atau tabrakan.

Namun, dari sisi lain, tidak sedikit ditemukan kasus, Airbag mobil tidak mengembang secara otomomatis ketika terjadi benturan. Apa saja peneybabnya? Apakah mobil mengalami kesalahan sistem?

Berikut empat penyebab kenapa Airbag mobil tidak bisa mengembang, apalagi ketika sedang terjadi benturan atau kecelakaan?

Baca juga: 4 Cara untuk Cari Tahu Penyebab Listrik Mobil Tidak Stabil

Baca juga: 4 Langkah Memutus Kutukan Korsleting dan Mobil Terbakar Tiba-tiba

1. Faktor kecelakaan

4-alasan-kenapa-airbag-mobil-tidak-mengembang-saat-kecelakaan

Bukannya karena kecelakaan, Airbag langsung mengembang? Tunggu dulu. Ada berbagai macam jenis kecelakaan yang kemudian menjadi pemicu kenapa Airbag mobil tidak lagimengembang.

Misalnya, ketika mobil berbenturan, ditabrak atau menambak bagian samping pintu. Tabrakan dari belakang, hingga mobil terguling juga menjadi penyebab kenapa Airbag mobil tak lagi mengembang.

Selain itu, faktor kecepatan mobil juga berpengaruh apakah Airbag mengembang atau tidak. Salah satunya adalah karena kecepatan mobil berada di bawah kecepatan 25 Km per jam.

Jika kamu mengendarai mobil dengan kecepatan seperti ini dan kemudian mengalami kecelakaan, namun Airbag tidak mengembang, maka hal tersebut terjadi karena sistem Airbag yang dirancang mengembang, jika mobil berada pada kecepatan di atas 25 Km per jam.

Kecepatan di bawah ketentuan. Airbag dirancang untuk mengembang ketika mobil berada di atas kecepatan 25 km/jam.

2. Kesalahan sistem

4-alasan-kenapa-airbag-mobil-tidak-mengembang-saat-kecelakaan

Kesalahan sistem lain bukan terjadi karena faktor kecepatan. Namun, hal ini dikarenakan memang bagian mobil kamu bermasalah.

Faktor-faktor seperti ini akan muncul melalui pada sistem mobil yang tidak bisa dilakukan sendiri. Pemilik mobil wajib melakukannya dengan membawanya ke bengkel untuk mendapatkan perawatan.

3. Kelistrikan mobil tidak bekerja

4-alasan-kenapa-airbag-mobil-tidak-mengembang-saat-kecelakaan


Kesalahan sistem ini bisa saja timbul karena kelistrikan mobil tidak bekerja dengan baik. Apalagi, jika mobi kerap dimodifikasi dan diubah-ubah terus sehingga sistem kelistrikan terganggu.

Apalagi, jika sistem kelistrikan tersebut tidak dilakukan oleh montir atau mekanik yang berpengalaman. Mulai dari rangkaian kabel. komponen yang digunakan dan hal-hal lainnya yang terkait dengan sistem kelistrikan mobil akan terganggu.

4. Perbaikan setir tak sempurna

4-alasan-kenapa-airbag-mobil-tidak-mengembang-saat-kecelakaan

Setir mobil tak bisa dilepaskan dari sistem kelistrikan. Oleh karena itu, jika kamu pernah mengalami perbaikan atau pergantian setir sebaiknya berhari-hati melakukannya. Karena setir sangat terkait erat dengan sistem listrik mobil.

Jika tidak tepat akan berpengaruh pada Airbag yang juga terhubung dengan sistem kelistrikan.

Baca juga: 5 Cara Mengenali Gejala dan Kerusakan Mobil Bertransmisi Matik

Baca juga: 4 Cara Bagi Pemula Agar Merawat Mobil Matik dengan Maksimal

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga