fbpx Carsworld
3 Tips Terhindari Dari Bau Tak Sedap di Kabin Mobil
Article 01

Sirkulasi udara tidak lagi berjalan baik di kabin mobil. Salah satu hasilnya adalah bagian kabin mobil mengeluarkan bau tak sedap. Lebih parahnya lagi, mungkin saja bagian kabin mobil mengeluarkan bau apek. Kalau sudah begini, kenyamanan di dalam mobil akan terasa berkurang.

Jika hal ini terjadi di mobil kamu, sekarang saat menghilangkan bau tak sedang tersebut dari mobil. Berikut beberapa tipsnya.

1. Bersihkan secara rutin

3-tips-terhindari-dari-bau-tak-sedap-di-kabin-mobil

Banyak beberapa faktor yang membuat kabin mobil menjadi apek. Salah satunya adalah ketika filter AC sudah kotor. Penyebab lainnya juga bisa datang dari karpet mobil yang rentan lembab dan menimbulkan bau apek.

Tak hanya itu, jok mobil pun bisa jadi penyebab bau apek di dalam mobil. Solusi paling mujarab dari hal ini adalah rajin mengecek dan membersihkan mobil. Kamu bisa membersihkan filter ac serta jok, hingga mencuci karpet.

Selain itu, ada juga cara lain yang patut dicoba ketika memanaskan mesin mobil. Buka seluruh pintu atau jendela agar sirkulasi udara di dalam kabin tetap terjaga meskipun tak di bawa kemana-mana.

2. Gunakan bahan alami

Apa betul, pengharum ruangan mampu menghilangkan bau apek? Satu hal yang pasti diingat adalah pengharum ruangan sangat berbeda dengan pengharum mobil.

Secara keseluruhan, pengharum ruangan tidak direkomendasikan untuk menghilangkau bau tak sedap di dalam kabin mobil. Bahan kimia dari pengharum ruangan bisa merusak filter pada AC jika terus-terusan disemprotkan.

Ada bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi situasi bau pada kabin ini. Salah satunya adalah kopi bubuk murni. Kamu bisa menempatkan bubuk kopi dalam cangkir kecil di dalam kabin mobil selama satu malam.

Pilihan lainnya adalah cuka apel. Caranya pun mudah, diamkan segelas cuka apel di cangkir kecil, lalu tempatkan di dalam kabin mobil selama satu malam. Bahan alami alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan adalah bubuk kayu manis, daun pandan, dan baking soda.

Baca Juga: Fakta – fakta dan Perbedaan Pengisian Tekanan Udara Pada Ban Kendaraan

Baca juga: 6 Benda yang Wajib Ada di dalam mobil Kamu Selama Fase “New Normal”

3. Air purifier

Cara sederhana berikutnya untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam kabin mobil adalah dengan menggunakan Air purifier. Fungsinya adalah dapat menyerap debu dan bau apek yang ada di dalam kabin lalu menyaringnya, dan kemudian mengeluarkan udara yang segar.

Artikel Rekomendasi

Baca juga