fbpx Carsworld
3 Tips Mudah Untuk Merawat Velg Mobil Agar Terlihat Gagah
Article 01

Tak hanya sekadar untuk menunjnag performa ban, namun velg juga kerap menjadi salah satu aksesoris yang membuat kendaraan roda empat ini terlihat gagah. Jika mengalami kerusakan, biasanya akan ada beberapa hal yang ditimbulkan. Namun, kenyamanan dalam berkendara pun menjadi salah satunya.

Kali ini, Carsworld akan membagikan beberapa cara atau tips merawat velg mobil yang bisa kamu lakukan sendiri.

Baca Juga: Cari Servis Mobil di Bengkel Terdekat? Jangan Lupa Cek Komponen ini

Baca Juga: Fakta dan Perbedaan Pengisian Tekanan Udara Pada Ban Mobil

1. Cek kondisi velg

3-tips-mudah-untuk-merawat-velg-mobil-agar-terlihat-gagah

Paling sederhana adalah mengecek detil-detil kondisi velg mobil. Jika ada yang penyok, pastinya akan menganggu performa mobil. Untuk yang satu ini mungkin saja kamu tidak bisa melakukannya sendiri.

Butuh seorang montir atau teknisi berpengalaman untuk mengetahui sebagai besar kerusakan pada velg mobil.

Solusinya adakah dengan memeriksakannya ke bengkel. Beberapa bengkel memberikan solusi dengan cara di ketok atau menggunakan mesin khusus untuk perbaikan velg mobil.

2. Rutin dibersihkan

3-tips-mudah-untuk-merawat-velg-mobil-agar-terlihat-gagah

Ini adakah perawatan paling sederhana dalam berbagai kondisi. Musim kemarau atau musim penghujan akan memberikan dampak tersendiri untuk velg mobil.

Kotaran,, cipratan atau noda dari aspal bisa saja menempel di bagian yang satu ini. Rutin membersihkan velg setiap hari akan menjaga kondisi bagian mobil ini tetap terlihat sempurna. Namun, yang patut diperhatikan adalah ketika akan mengelap velg, pastikan benar-benar di lap hingga kering.

Jika tidak kering seutuhnya justru akan meninggalkan sisa-sai air atau pembersih yang kamu gunakan sewaktu membersihkan velg mobil. Oleh karena itu, selalu gunakan peralatan yang tepat untuk membersihkan velg mobil ya.

3. Peralatan yang tepat

3-tips-mudah-untuk-merawat-velg-mobil-agar-terlihat-gagah

Peralatan adalah kunci yang tepat ketika akan membersihkan velg. Sampo atau sabun yang digunakan pun tidak bisa sembarangan. Ada beberapa sampo atau sabun . Ada beberapa sabun atau sampo khusus velg yang menawarkan bahan tanpa kondisioner.

Selain itu, gunakan sikat halus dengan gagang yang mudah untuk digerakkan. Salah satu alasan menggunakan peralatan ini adalah karena velg mobil terdiri dari beberapa celah yang bahkan sulit untuk dibersihkan.

Menggunakan sikat yang lebih tips dan bulu halus akan membantu kamu membersihkan setiap detil dari velg tersebut. Mulai dari baut hingga lapisan krom dipastikan akan bisa dibersihkan jika kamu menggunakan peralatan yang tepat.

Peralatan berikutnya yang sangat penting adalah dengan menggunakan kain khusus. Lebih tepatnya kain microfiber ketimbang kain bekas atau kain biasa.

Jika tidak menggunakan kain microfiber, bukan tidak munkin velg akan lecet atau bahkan menimbulkan karat baru yang menghilangkan keindahan velg itu sendiri.

Sudah siap untuk mencoba tips merawat velg mobil sendiri di rumah?

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil . Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga