fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
3 Pertanda Pada Bagian Power Steering Mobil yang Berat
Article 01

Tak ada yang bisa menyangkal jika kehadiran power steering pada mobil dibuat untuk memudahkan pengemudi mengendalikan mobil mereka. Hingga saat ini, yang perlu diketahui adalah power steering punya dua tipe yaitu elektrik dan juga hidrolik.

Meskipun punya fungsi untuk meringankan tugas pengemudi, namun tidak jarang power steering mobil berat jadi masalah tersendiri bagi pengemudi. Satu-satunya jalan adalah melakukan pemeriksaan ke bengkel.

Namun, sebelum itu, kamu bisa terlebih dahulu melakukan pengecekan dan mencari tahu apa yang menyebabkan power steering mobil berat. Berikut bagian yang harus di cek pada komponen power steering mobil.

1. Udara di ban

3-pertanda-pada-bagian-power-steering-mobil-yang-berat

Pemeriksaan pertama yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa tekanan udara di dalam ban. Faktanya, semua ban mobil harus memiliki tekanan udara yang sama dan volumenya pun sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh pabrikan mobil.

Jika tekanan ban tidak pas, apalagi jika terlalu rendah maka dapat merembet ke masalah power steering dan menyebabkan kemudi mobil menjadi bermasalah.

2. Volume cairan power steering

3-pertanda-pada-bagian-power-steering-mobil-yang-berat

Sama seperti beberapa komponen lainnya, power steering pun punya cairan khusus. Posisinya berada di dekat silinder reservoir. Ada tanda khusus yang biasanya diberi label dan mudah dibaca.

Jika cairan untuk power steering kurang maka akan ikut merembet ke bagian kemudi yang menyebabkan kaku. Imbasnya pengemudi pun jadi sulit untuk mengendalikan mobil.

Satu hal yang perlu kamu ketahui, jika volume cairan power steering maka akan berganti warna. Aslinya warna cairan untuk power steering berwarna merah.

Namun, jika berganti menjadi hitam, maka sudah saatnya cairan ini diganti agar tidak menganggu kinerja power steering lainnya.

3. Belt power steering


Bagian power steering belt dalam sebuah mobil haruslah memiliki kekuatan yang tepat saat digunakan. Bagian ini terdiri dari sabuk. Untuk mengetahui bagaimana kekuatan dari bagian ini, kamu bisa menekan sabuk dan memeriksa kekuatan atau seberapa keras ketegangannya.

Jika saat pemeriksaan kamu merasakan sabuk tersebut menjadi longgar atau maka hal inilah yang bisa bisa menyebabkan masalah pada power steering mobil.

Cara ini juga memastikan untuk mengecek cairan oli pada power steering. Selain dengan menekan menggunakan ibu jari, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah meminta bantuan orang lain untuk memutar roda dan mendengarkan suaranya.

Baca juga: Power Steering Terasa Berat dan Berdengung? Cek Penyebab Berikut Ini

Baca juga: Pompa Power Steering Rusak? Kenali Dulu Penyebabnya

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga