fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
3 Pertanda Jika Dinamo Ampere Bermasalah dan Aki Mobil Bisa Soak
Article 01

Penting dan punya fungsi mengalirkan listrik ke dalam sistem mobil. Aki adalah komponen yang kemudian tak bisa diabaikan begitu saja perawatannya.

Namun, tak jarang kondisi aki mobil soak bisa terjadi secara tiba-tiba. Rata-rata, karena usianya yang sudah mulai menua. Selain itu, tenaga aki juga didapat dari dinamo ampere.

Pengisian daya aki didapatkan dari komponen yang satu ini. Lalu, bagaimana jika komponen-komponen ini tidak bekerja? Bagaimana cara mengenali aki mobil soak? Bagaimana cara mengetahui fungsi dinamo ampere tidak lagi bekerja dengan baik? Berikut hal penting yang wajib kamu ketahui tentang aki yang sudah soak pada mobil.

Baca juga: 4 Masalah yang Jadi Penyebab Aki Mobil Soak

1. Lampu jadi redup

3-pertanda-jika-dinamo-ampere-bermasalah-dan-aki-mobil-bisa-soak

Pernah mengalami cahaya lampu mobil menjadi redup? Dugaan pertama yang muncul tentu saja adalah masalah pada lampu itu sendiri. Namun, kondisi aki mobil yang sudah soak pun bisa memengaruhi bagian mobil yang satu ini.

Perkaranya sederhana. Hal ini terjadi karena dorongan listrik yang tak lagi kuat karena rusaknya alternator pada dinamo ampere. Jadi, jika kondisi lampu sudah terlihat meredup, pastikan bukan hanya mengecek bagian lampu itu, namun alternator mobil pun harus diperiksa.

Indikasi lainnya bisa kamu lihat juga pada bagian lampu indikator yang punya logo baterai aki.Jika lampu tidak menyala, maka besar kemugkinan penyebabnya adalah pada bagian alternator tadi.

Jika lampu aki tetap menyala maka, kondisi aki mobil dipastikan sedang baik-baik saja.

2. Menimbulkan bau tak sedap

3-pertanda-jika-dinamo-ampere-bermasalah-dan-aki-mobil-bisa-soak

Masalah pada dinamo ampere yang tak mengalirkan tenaganya ke bagian aki juga muncul dengan pertanda dari bau tak sedap dari dalam mobil.

Secara umum, bau ini seperti karet yang sedang terbakar. Besar kemungkinan, kabel alternator terbakar karena gesekan dari posisi pasang belt yang tidak sempurna.

Selain melakukan pengecekan, kamu juga bisa membawa mobil ini langsung ke bengkel dan mendapatkan perawatan dari mekanik atau montir berpengalaman dari bengkel terpercaya.

3. Gangguan dari ruang mesin

3-pertanda-jika-dinamo-ampere-bermasalah-dan-aki-mobil-bisa-soak

Ruang mesin biasanya akan mengeluarkan suara yang normal ketika digunakan. Lalu, bagaimana jadinya jika ruang mesin mengeluarkan suara yang tak lazim?

Jika kamu pernah mendengarkan suara seperti berdecit dari bagian mesin, berari ada bagian dinamo ampere yang bermasalah. Jika dibiarkan, hal ini akan membuat aki mobil soak.

Perkara ini terjadi karena posisi pulley yang tidak berada dalam kondisi sempurna. Hal ini memungkinkan belt pada alternator lagi-lagi tidak berada dalam posisi yang sempurna sehingga menyebabkan gangguan.

Baca juga: 4 Pertanda Aki Mobil Bermasalah dan Harus Diganti

Baca juga: 5 Gangguan yang Menyebabkan Mesin Mobil Mogok Mendadak

Baca juga: Cari Servis Mobil di Bengkel Terdekat? Jangan Lupa Cek Komponen ini

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga