fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
3 Cara Penting Menggunakan Rem Tangan dalam Keadaan Darurat
Article 01

Pro dan kotra penggunaan rem tangan mungkin sudah waktunya untuk dilalui. Rem tangan kini punya peran lain. Rem yang kerap juga disebut sebagai rem darurat ketika rem kaki ini tak berfungsi memang tak bisa sembarangan untuk ditarik begitu saja. Nah, buat kamu yang ingin tahu kapan waktu dan cara menggunakan rem tangan yang tepat atau ketika darurat, beberapa hal berikut ini bisa menjadi acuan.

Baca juga: 5 Penyebab Rem Mobil Blong Ini yang Harus diwaspadai

Baca juga: 4 Cara Merawat Rem Tangan Mobil Agar Fungsinya Menjadi Maksimal

1. Pahami kondisi jalanan

3-cara-penting-menggunakan-rem-tangan-dalam-keadaan-darurat

Sebelum menarik tuas rem tangan ketika berkendara, pahami bentul kondisi jalanan yang akan kamu lalui. Atau, bahkan ketika kamu sudah memehami jalan yang dilalui ketika bepergian jalanan.

Dengan memahami kondisi jalanan kamu akan tahu kapan saat menggunakan rem tangan atau bahkan tidak sama sekali. Bila jalanan yang dilalui licin atau punya volume pasir yang besar, maka rem tangan harus dilakukan secara perlahan.

Pastikan, juga ketika akan menarik rem tangan, kamu harus menekan tombol penguci yang menjadi kontrol awal rem tangan bekerja. Jadi, pahami betul, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan rem tangan ya.

2. Jangan gunakan saat kecepatan tinggi

3-cara-penting-menggunakan-rem-tangan-dalam-keadaan-darurat

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menggunakan rem tangan adalah cara memulainya. Jika mobil yang kamu kendarai terlalu berada pada kecepatan yang sangat tinggi, maka menarik rem tangan secara langsung akan menimbulkan bahaya.

Hal ini bisa membuat mobil slip dan menjadi tak terkendali. Paling parah, bisa menimbulkan kecelakaan. Jadi, jangan sekali-kali menggunakan rem tangan dalam kecepatan yang sangat tinggi ya.

3. Mengontrol kecepatan

3-cara-penting-menggunakan-rem-tangan-dalam-keadaan-darurat

Terakhir, ketika dalam keadaan darurat sekalipun adalah tetap tenang dan mampu mengontrol kecepatan mobil.

Misalnya, ketika dalam keadaan genting sekalipun, usahan untuk mengurangi kecepatan mobil alih-alih menekan pedal gas. Mengurangi kecepatan ini akan membantu agar rem tangan dapat bekerja dengan maksimal.

Kecepatan yang tepat untuk memulai menggunakan rem tangan adalah di bawah 40 Km/jam. Jadi, jangan sambil dipacu dengan menekan pedal, kamu pun bersiap-siap menarik rem tangan.

Tetap tenang, turunkan kecepatan secara perlahan dan baru tarik tuas rem tangan.

Baca juga: Bukan Cuma Suara Berdecit, Ini Tandanya Rem Mobil Mulai Rusak

Baca juga: Ini yang Jadi Penyebab Rem Tangan Mobil Tidak Pakem

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga