fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
3 Cara dan Tips Mudah Merawat Karet Pintu Mobil Agar Awet
Article 01

Hampir semua bagian mobil memang perlu perawatan. Tak terkecuali merawat karet pintu mobil adalah hukum yang wajib untuk dilakukan. Umumnya, terdapat dua jenis pintu karet yang digunakan pada mobil.

Pertama, adalah karet letter K yang bentuknya memang menyerupai huruf K. Karet ini kerap jadi favorit pemilik mobil atau bengkel karena punya daya rekat yang kuat. Bahkan, disebut juga mampu menjadi penahan benturan atau gesekan yang terjadi pada pintu mobil.

Karet berikutnya yang juga jadi pilihan adalah karet balon dan terdiri dari dua tipe polos dan balon bibir.

Terlepas dari dua jenis karet pintu mobil, ini cara perawatannya pun terbilang sama. Bahkan, dapat dilakukan dengan mudah. Berikut cara merawat karet pintu mobi yang bisa kamu lakukan sendiri.

Baca juga: Jarang dilirik, Ini Pemicu Karet Pintu Mobil Berbunyi dan Mulai Rusak

1. Posisi parkir

3-cara-dan-tips-mudah-merawat-karet-pintu-mobil-agar-awet

Cara paling sederhana merawat karet pintu mobi adalah dengan parkir di tempan yang teduh, agar cahaya matahari tidak membuat karet pintu menjadi mudah kering.

Jika terlalu, kering, bisa dipastikan karet pintu mobil akan cepat hilang kualitasnya dan usia pakaianya pun akan menyusut. Jadi, sebelum parkir, pastikan kamu bisa menemukan spot yang aman dan teduh, agar karet pintu mobil tidak mudah rusak.

2. Hindari gesekan yang tidak perlu

3-cara-dan-tips-mudah-merawat-karet-pintu-mobil-agar-awet

Gesekan demi gesekan yang terjadi pada karet mobil tidak hanya terjadi ketika akan membuka dan menutup pintu. Contohnya, kamu pasti seringkali membawa benda-benda tumpul atau bahkan cukup tajam melalui pintu mobil.

Jika ini terjadi sebaiknya piliha menempatkan benda-benda tersebut di bagian bagasi. Hal ini terjadi karena bukan tidak mungkin benda-benda tersebut mengalami gesekan dengan karet pintu mobil.

Jika terus terjadi dan dilakukan berulang-ulang, tentunya akan membuat karet pintu mobil akan cepat rusak. Paling parah, bahkan bisa merobek karet pintu mobil itu sendiri.

3. Singkirkan debu dan kotoran

3-cara-dan-tips-mudah-merawat-karet-pintu-mobil-agar-awet

Cara merawat karet pintu mobil berikutnya yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan rajin membersihkan bagian pintu mobil. Debu dan kotoran yang sering dibiarkan menempel bisa memengaruhi kualitas dari karet pintu mobi litu sendiri.

Sembari mencuci mobil sendiri, pastikan juga kamu menyiram dan membersihkan bagian karet dengan air bersih, plus cairan khusus untuk menjaga kelembaban karet pintu mobil.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang tersedia gratis di App Store dan Google Play Store

Artikel Rekomendasi

Baca juga